Thursday, November 11, 2010

The power of mindset

Ketepatan hidup Anda
ditentukan oleh ketepatan keputusan Anda,
yang kualitasnya ditentukan oleh
kualitas cara-cara Anda dalam menjalani
yang telah Anda putuskan.
...
Katakanlah ini,

“Aku adalah penguasa atas diri ku sendiri.
Aku adalah pribadi yang bernilai dalam semangat ku,
dan aku pribadi yang sama bernilai-nya
bahkan dalam perasaan lemah ku.

Aku pribadi yang bernilai, karena keputusanku.”
-MARIO TEGUH-
The power of mindset,..mungkin itu alasan kenapa motivator kebanjiran order akhir-akhir ini..karna manusia jaman sekarang itu mirip kehilangan rasa percaya diri,.dan mereka butuh bantuan buat bisa membangkitkan rasa percaya diri mereka..
Dulu waktu jaman saya kuliah,tiap semester senat mahasiswa tuh sering banget mengundang motivator untuk seminar dikampus,.tujuannya satu untuk memotivasi mahasiswa dan mengubah pola pikir kita..
hmmm..sebenarnya kita tuh ga butuh motivator kalo kita bisa memotivasi diri kita sendiri..cuma itu dia kadang susah buat kita untuk berpikir positif disaat sulit,.dan kita butuh motivasi dari luar untuk mengembalikan rasa percaya diri kita..
kehadiran mario teguh dkk sbg motivator emang sangat membantu kita untuk bisa membuat kita berpikir positif..tapi mo sampe kapan kita harus bergantung sama motivator??sudah saatnya bagi kita untuk bisa memotivasi diri kita sendiri :)
saya punya cerita ttg mindset :
saya ketemu dengan cewe yang sangat cantik(gw muji bukan berarti gw ga normal ye x.x) pdhl kl mo inget dulu dia itu jerawat abiss..dan skrg dia bener2 berubah, dan pas di tanya apa resepnya dia cm bilang resepnya satu : ketika bangun bagi dia memandang cermin dan berkata : selamat pagiii wajah cantikku,kamu tidak boleh jerawatan :)) *thats simple kan..dia cm memotivasi dirinya sendiri..walaupun dia pnya byk jerawat tapii dia ttp melakukan ritual itu bertahun-tahun tiap pagii..dan hasilnya wajahnya sekarang beda dengan yang dulu..
jadi inget kl tiap kali nonton film jepang, ketika muridnya sedang belajar buat ujian pasti mereka teriak bilang semangatt kamu pasti bisa..yahh begitulah caranya orang jepang memotivasi diri mereka sendiri...
menurut saya cara memotivasi diri sendiri dari dalam itu jauh lebih ampuh daripada memotivasi diri dari luar (read: make motivator)  selain boros duit, pake motivator juga bisa bikin kita ketergantungan..lagipula adalah lebih baik jika kita memotivasi diri kita sendiri dari dalem.sehingga ketika dihadapkan pada masalah sekalipun kita ga perlu jauh-jauh nyari motivator..