Friday, September 20, 2013

Subsidi pemerintah itu baik ato buruk ???

Entah kenapa tiba-tiba gw tuh pengen banget bahas soal pemerintah dan kegiatan amal mereka aka subsidi...

Kata om wiki Subsidi itu (juga disebut subvensi) adalah bentuk bantuan keuangan yang dibayarkan kepada suatu bisnis atau sektor ekonomi. Bahasa simplenya menurut gw itu kayak pemberian bantuan kepada masyarakat.contohnya : lo pengen beli hp baru seharga 1jt  tp ga ckup dana nih..nah lo coba minta dana ke nyokap dan di kasih tuh 500rb,.nah 500rb yg dikasih orang tua itu bisa dikatakan sebagai bentuk subsidi..



Sekarang mari kita bahas soal dampak positif dan negatif dari pemberian subsidi

>Positif
  •   Pemberian subsidi bisa meringankan beban ekonomi masyarakat yang kurang mampu. Contohnya kayak subsidi listrik,hal itu membuat rakyat kecil bisa menikmati listrik..
  •   Rakyat berhak menerimanya karna sesuai dengan UUD rakyat miskin tuh dipelihara sama negara .
  •   Dari segi politik pemberian subsidi itu secara tidak langsung membangun citra positif para politikus didepan rakyat seolah-olah mereka tuh bener-bener pro rakyat padahal kita sendiri blm tentu tau kan kalo ada udang dibalik peyek ato engga..hahahhahaa
>Negatif
  •  Pemberian subsidi itu membuat rakyat tetap males dan yang terjadi rakyat miskin akan tetap miskin.Kenapa smpe gw ngomong kek gitu???karna itu yang emang bener-bener terjadi tanpa sadar pemerintah berhasil mendidik rakyatnya menjadi orang bermental pengemis(hmmmm bahasa kasarnya gitu *terlalu lebay)wkwkkwkwkw...Rakyat miskin tuh bagaikan anak kecil yang kalo mo makan mesti dibantuin,harus disuapin mulu...pertanyaannya mo sampe kapan disuapin ??? 
  • Pemberian subsidi itu akan sia-sia kalo tidak tepat sasaran..contoh jelasnya kayak subsidi BBM jaman sekarang...Jadi, Premium dikhususkan bagi yang kurang mampu dan Pertamax bagi orang yang mampu...ini merupakan salah satu tindakan yang tidak efektif menurut gw,karna sebagai mana dalam prinsip ekonomi ala Mankiw nomer 4 dikatakan bahwa Rational People Think at the Margin (A rational decision-maker takes action if and only if the marginal benefit of the action exceeds the marginal cost) Masyarakat yang berpikir rasional akan mengambil keputusan jika dia tau kalo dia lagi dalam posisi yang diuntungkan..Kembali lagi ke subsidi BBM, harga premium itu Rp 6,500/liter sedangkan harga pertamax 10,000/liter ..Harganya aja uda beda jauh gitu...Harga premium itu hampir satu stengah kali harga pertamax. mo iklan jorjoran di tv smpe doer pun ga bakalan bisa bikin orang mau pake Pertamax.Mungkin hanya golongan menengah keatas yang bakalan make pertamax.Menurut gw sih pemberian subsidi BBM itu tidak tepat sasaran..mending langsung aja dikurangin smuanya trus dialokasikan ke pendidikan..
  • Subsidi salah satu lahan basah buat korupsi. bukan hal yang aneh lagi kalo para wakil rakyat negara kita yang tercinta itu paling gemar korupsi..uang negara bertriliunan dimalingin sama orang yang ngakunya wakil rakyat.. *miris jadinya :(
Gw disini bukan mo menghakimi mereka,cuma ngeshare uneg2 aja...soalnya tadi gw browsing liatin betapa malangnya negara kita dari tahun ke tahun pendapatan kita sebagian besar dibelanjakan cuma buat subsidi doang trus kapan majunya..


gw jd inget sama bukunya Robert kiyosaki : RichDad and PoorDad .,.bukunya bener-bener bagus, disitu dia bilang gini, alesan kenapa orang miskin itu ada karna orang miskin selalu membelanjakan uangnya menjadi expense dan tidak pernah mengalokasikan dananya menjadi asset akhirnya itu yang membuat orang miskin selalu miskin dan terjebak dalam lingkaran kemiskinan yang dia buat sendiri..Contoh : Lo cobain aja lo nanya apa ke orang miskin apa yang bakalan lo lakuin kalo lo dapat uang 1M?? dia pasti akan berfoya-foya trus hidup senang..pertanyaannya apakah uang itu bakalan bertahan lama???engga...pasti dalam waktu bbrpa bulan dia bakalan jatuh miskin lagi,..tau kenapa???karna dia tidak mengalokasikan dananya buat pembelian asset :)
Trus apa yang dilakukan oleh orang kaya, orang kaya itu mengalokasikan dananya untuk asset. dan asset itu yang melipat gandakan uang yang dia punya...contoh : lo cobain nanya ke orang kaya kalo lo pnya duit 1M mo diapain??pasti uangnya bakalan dipake beli toko ato investasi baik dalam bentuk emas ato saham..maka dari 1M yang dia punya itu akan berlipat ganda..coba deh liatin si eka tjipta owner sinarmas group..dia awalnya orang miskin,tapi liat skrg..per september 2013 dia jadi orang terkaya nomer 1 diindonesia..kita bs liat kalo dia tuh awalnya miskin,kenapa dia bisa kaya???karna dia menyisihkan uangnya trus dia berdagang..

Coba liatin bangsa kita sekarang,.ada diposisi sebagai orang kaya ato orang miskin???seharusnya kita bisa niru singapura,investasi negara mereka itu ada dimana-mana..mereka telah berinvestasi di banyak negara..contohnya kayak di  indosat kalo ga salah ada temasek group tapi melalui anak usahanya,nah itu perusahaan BUMN  singapura..Sebagai pemerintah sudah saatnya kita mengurangi subsidi-subsidi secara bertahap dan mengalihkannya ke sektor-sektor yang menguntungkan..contohnya pengurangan subsidi BBM dan listrik dan dialokasikan ke sektor pertanian dan pendidikan...ga lucu kan negara kita negara agraris tapi masih import beras,import kedelai,import garam dan el el....kalo emang kualitas produksi hasil pertanian kita kurang bagus yah ayo pemerintah biayai dan fasilitasi mereka dengan dana pengurangan subsidi bbm dengan demikian kan kuota import bisa diturunin (emang ga mudah,tapi sangat layak untuk dicoba) toh selama ini disubsidi trus ga bawa dampak signifikan...lagian mengurangi subsidi bukan berarti menghapus kan??? trus subsidinya dialokasikan ke sektor pendidikan,itu penting sekali biar nanti kita bisa mempersiapkan satu generasi baru dimana mereka bisa jauh lebih berintelek daripada mahasiswa jaman sekarang yang hobinya demo mulu kayak ga punya kerjaan..wkwkwkkwkww....


kesimpulan : subsidi itu mirip pisau, pisau ditangan chef pasti berguna untuk memasak tapi pisau yang sama ditangan pencuri bisa dipake buat nodongin orang..

1 comment:

Feel free to post comment :)